Selasa, 27 Mei 2014

Kategori:

7 Makanan Tidak Sesehat yang Kita Bayangkan

Share

makanan 4 sehat 5 sempurna
sumber: gizanherbal.wordpress.com
Selama bertahun-tahun, lemak dan makanan berminyak dianggap sebagai "penjahat" dalam dunia kesehatan, disinyalir bertanggung jawab atas kegemukan dan penyakit jantung. Terbukti, anggapan itu telah terserap dengan baik oleh khalayak umum.

Ada daftar panjang makanan sehat yang banyak orang percaya "baik untuk kesehatan" yang berdasarkan pada keyakinan: lemak-itu-jahat. 

Berikut adalah 7 makanan yang mungkin kamu kira adalah makanan sehat, tapi tidak seharusnya dimakan secara berlebihan.



minyak nabati itu tidak sehat

1. minyak nabati
Termasuk minyak kedelai, jagung, kacang, safflower dan biji bunga matahari karena mereka menghasilkan pembakaran yang beracun ketika dipanaskan, terutama dalam waktu yang lama. 

Uji klinis juga menunjukkan konsumsi minyak nabati dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko kanker dan batu empedu.

Pilihan yang lebih baik: mentega (bukan margarin ya..) dan minyak kelapa.


2. susu skim, karena kamu membutuhkan lemak untuk mencerna vitamin dalam susu

Susu skim adalah susu rendah lemak, menjadi pilihan banyak orang yang ingin tetap minum susu tapi takut gemuk.

Vitamin larut lemak seperti A, D, K dan E hanya bisa diserap jika disertai dengan lemak (vitamin-vitamin ini juga sulit diserap jika sayuran dimakan tanpa lemak). Tanpa lemak, kalsium juga tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Pilihan yang lebih baik: whole milk, yang secara alami mengandung lemak yang dibutuhkan untuk menyerap vitamin.

Susu organik juga mengandung asam lemak Omega-3 yang menyehatkan.


3. makanan rendah-lemak 
Menyingkirkan lemak dari makanan akan mengganggu rasa dan teksturnya. Jadi sebagai kompensasi, para produsen harus menggunakan zat yang disebut sebagai "pengganti lemak" - yang mana hampir selalu berbasis karbohidrat.

Hasilnya adalah produk makanan rendah-lemak seperti selai kacang, salad dressing, yogurts, kue dan es krim hampir selalu mengandung karbohidrat - dan gula yang tinggi.

Kopi rendah lemak mengandung gula sama banyaknya (sekitar 50 gram) dengan 2 batang coklat Hershey, benar-benar nendang! 

Pilihan yang lebih baik: makanan whole-fat, karena mengandung gula yang lebih rendah, karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi "rendah-lemak" atau bahkan "bebas-lemak".


buah-buahan sehat

4. buah-buahan
Tadinya saya berharap buah-buahan tidak termasuk dalam daftar ini. 

Tapi faktanya mereka mengandung fruktosa atau gula buah yang tinggi, terutama pada buah yang rasanya sangat manis seperti nanas, anggur, semangka dan buah-buahan yang dikeringkan.

Fruktosa yang terdapat pada buah memiliki efek yang sama dengan frukstosa yang terdapat dalam sirup jagung: langsung menuju ke hati dan meningkatkan trigliserida serta lemak darah tidak sehat lainnya.

Hindari makan buah secara berlebihan!

Pilihan yang lebih baik: untuk ngemil, pilih kacang-kacangan seperti edamame.


5. gandum utuh
Ya! Bahkan whole wheat atau whole grain yang sedang ngetop belakangan ini masih merupakan karbohidrat yang akan menjadi glukosa di dalam tubuh kita.

Glukosa memicu pelepasan insulin, yang merupakan "raja dari segala hormon" yang membuat orang-orang menjadi gemuk.

Uji klinis menunjukkan bahwa orang-orang yang memakan banyak karbohidrat, bahkan karbohidrat kompleks sekalipun, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kegemukan.

Pilihan yang lebih baik: Kurangi nasi, perbanyak daging, ikan dan telur (putih telurnya)

6. ayam
Jika dibandingkan dengan daging merah, nutrisi yang terkandung dalam ayam relatif lebih sedikit. Daging merah mengandung zat besi, selenium, folat, vitamin B6 dan B12.

Pilihan yang lebih baik: Chicken is fine.. but all the time? Makanlah daging merah secara berkala untuk nutrisi yang lebih banyak.


minyak zaitun

7. minyak zaitun
Minyak ini telah melalui banyak uji klinis... dan para peneliti masih belum dapat menunjukkan apakah minyak tersebut memiliki kekuatan spesial untuk memerangi penyakit jantung. 

Dan hal yang mengejutkan tentang minyak zaitun adalah, memang telah digunakan sejak zaman dahulu kala, tapi terutama sebagai minyak gosok untuk mengurapi tubuh.

Pilihan yang lebih baik: Untuk memasak, mentega dan minyak kelapa lebih stabil ketika dipanaskan dan tidak mudah teroksidasi. Gunakan minyak zaitun hanya untuk salad dan dalam suhu ruangan.


Sumber: Mind Body Green


2 comments:

  1. Wah.. Baru tau kalo buah ngga bagus buat kesehatan..

    BalasHapus
  2. Haii.. Beby,

    Iya nih.. kalau kebanyakan asupan gula buah juga tidak baik.
    Terima kasih sudah berkunjung ke sini ya = )

    BalasHapus

Join d'BC Network

join oriflame
Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN